Thursday 3 March 2016

Peranan Wali Songo

PERANAN 9 WALI DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM DI PULAU JAWA



1. Sunan Gresik

Nama asli Sunan Gresik adalah Maulana Malik Ibrahim juga dikenal dengan panggilan Maulana Magribi karena berasal dari wilayah Magribi,Afrika Utara.
Orang islam pertama yang masuk ke jawa adalah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim oleh karena itu kedatangannya dianggap sebagai permulaan masuknya islam dijawa.Beliau meninggal pada tanggal 12 rabiul awal 882 H atau 8 April 1419 M dan dimakamkan di pekuburan Gapura wetan ,Gresik.

2. Sunan Ampel

Sunan Ampel bernama asli Raden Rahmat lahir di Campa ,Aceh pada tahun 1401 M. Sunan Ampel adalah putra Maulana Malik Ibrahim dan istrinya bernama Candra Wulan. Sunan Ampel adalah penerus cita-cita serta perjuangan Maulana Malik Ibrahim. Aktivitasnya dimulai dari mendirikan pesantren Denta atau lebih dikenal dengan Ampel Denta, sehingga dia juga dikenal sebagai pembina pondok pesantren di jawa timur.
Di Pesantren tersebut Sunan Ampel mendidik para pemuda Islam untuk menjadi Da'i.Diantaranya adalah:
  1. Raden Paku
  2. Raden Fatah
  3. Raden Makdun Ibrahim
  4. Syarifuddin
  5. Maulana Ishak
Sunan Ampel juga merupakan perancang kerajaan Islam di Demak dengan Ibu kota Bintoro.Sunan Ampel adalah orang yang menangkat Raden Fatah sebagai sultan pertama Demak yang mempunyai jasa paling besar dalam meletakan politik Umat Islam di Nusantara.
Pada awalnya penyiaran Islam di pulau jawa ,Sunan Ampel menginginkan masyarakat jawa menghilangkan kegiatan seperti kenduri,selametan dan sesaji.Namun Wali-wali lainnya berpendapat bahwa untuk sementara waktu semua kegiatan itu harus dibiarkan karena masyarakat masih meninggalkannya.Akhirnya Sunan Ampel memahaminya.Hal itu terlihat dari persetujuannya ketika Sunan Kalijaga dalam usahanya menarik umat Hindu dan Budha,Mengusulkan agar adat istiadat Jawa itulah yang diberi Warna Islam .Sunan Ampel setuju walaupun ia tetap mengkhawatirkan adat dan upacara-upacara tersebut kelak menjadi bit'ah.Sunan Ampel wafat di Surabaya pada tahun 1481 M dan dimakamkan di Ampel.

3.Sunan Bonang

Sunan Bonang bernama asli Raden Makdun Ibrahim lahir di Surabaya pada tahun 1465 M.Dia adalah putra Raden Rahmat dan merupakan sepupu dari Sunan Kalijaga. Sunan Bonang dianggap sebagai pecinta gending pertama. Dalam menyebarkan Agama Islam ,ia selalu menyesuaikan diri dengan kebudayaan masyarakat Jawa yang sangat menggemari Wayang dan Musik Gamelan.
Sunan Bonangmemusatkan kegiatan dakwahnya di Tuban.Dalam aktivitas Dakwahnya,ia mengganti nama - nama dewa menjadi nama Malaikat.Sunan Bonang wafat pada tahun 1525 M dan dimakamkan di Tuban.

4.Sunan Giri

Sunan Giri bernama asli Raden Paku ,dia lahir pada pertengahan abad ke 15. Sunan Giri merupakan putra dari Maulana Ishak. Sunan Giri memulai aktivitas dakwahnya didaerah Giri dan sekitarnya dengan mendirikan pesantren yang santrinya kebanyakan berasal dari golongan masyarakat ekonomi lemah. Ia mengirimkan juru dakwah terdidik ke berbagai daerah diluar jawa, seperti Madura ,Bawean ,Kangean,Ternate dan Tidore.
Sunan GIri terkenal pendidik yang berjiwa demokratis, ia mendidik anak-anak memulai berbagai permainan yang berjiwa agam ,seperti Jelungan,Gendi ferit,Jor gula,Cublak -cublak suweng,dan ilir-ilir.Sunan Giri Wafat pada tahun 1506 M dan dimakamkan di Giri,Gresik.

5.Sunan Drajat


Sunan Drajat lahir di Ampel Surabaya pada tahun 1407M dengan nama asli Raden Qasim atau Syarifuddin.Ia juga merupakan anak dari Sunan Ampel, pada waktu para wali memutuskan untuk mengadakan pendekatan Kultural pada masyarakat Jawa dalam menyebarkan Islam, Sunan Drajat juga tidak ketinggalan untuk menciptakan tembang Jawa yang sampai saat ini masih digemari masyarakat yaitu tembang Pangkur.
Hal yang paling menonjol dalam Dakwah Sunan Drajat ialah perhatiannya yang serius pada masalah sosial.Dakwahnya selalu berorentasi pada kegotong royong.Ia selalu menekankan bahwa memberi pertolongan kepada masyarakat umum serta menyantuni anak yatim dan fakir miskin merupakan suatu amalan yang diperintahkan Agama Islam.Sunan Drajat di Sedayu, Gresik pada pertengahan abad ke 16.

6.Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga lahir pada akhir abad ke 14 dengan nama Raden Mas Syahid.Ayahnya bernama Raden Sahur Tumenggung Wilwatikta yang menjadi bupati Tuban, sedangkan ibunya bernama Nawang Rum.Konon nama Kalijaga berasal dari ranglaian bahasa Arab "Qadi Zaka" yang berarti membersihkan dan bermakna pemimpin yang menegakkan kebersihan dan kesucian, Kata "Qada Zaka" menurut lidah dan ejaan Jawa berubah menjadi kalijaga. Karena sistem Dakwah yang intelek dan Aktual,Para bangsawan dan cendikiawan banyak yang bersimpati kepadanya.Ketika para Wali memutuskan untuk menggunakan pendekatan Kultural termasuk pemanfaatan wayang dan Gamelan sebagai media dakwah, Orang yang paling berjasa dalam hal ini adalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga sangat berjasa dalam perkembangan wayang purwa atau wayang kulit yang bercorak Islam seperti saat ini.Sunan Kalijaga mengarang Aneka cerita wayang yang bernafaskan Islam,terutama mengenai Etika.Sunan Kalijaga juga berjasa dalam pengembangan seni suara,seni ukir,seni busana,seni pahat dan Kesastraan.Sunan kalijaga dimakamkan di Kadilangu,Selatgan Demak.

7.Sunan Kudus

Nama asli Sunan Kudus adalah Jafar Sadiq.Menurut silsilahnya Sunan Kudus mempunyai hubungan dengan Nabi Muhammad SAW.Sunan Kudus menyiarkan Agama Islam didaerah Kudus dan sekitarnya.Ia mempunyai keahlian khusus dalam ilmu fiqih,Tauhid,Hadist,serta logika.Oleh karena itu diantara wali yang lain,Ia mendapat julukan "Waliyyul Ilmi"atau orang yang kuat Ilmunya.Sunan Kudus juga melaksanakn dakwah dengan pendekatan kultural beliau menciptakan berbagai cerita agama termasuk gending yang terkenal yaitu Gending Maskumambang dan Gending Mijil.Sunan Kudus diperkirakan wafat pada tahun 1550M

8.Sunan Muria

Sunan Muria adalah putra Sunan Kalijaga.Nama aslinya adalah Raden Umar Sa'id, sedangkan nama kecilnya adalah Raden Prawoto.Sunan Muria memusatkan kegiatan dakwahnya diGunung Muria yang terletak 18 KM sebelah utara kota Kudus.Ciri Khas Sunan Muria dalam menyampaikan Dakwah adalah dengan mengadakan kursus-kursus bagi kaum pedagang,Para Nelayan dan Rakyat biasa.Sunan Muria berdakwah dari Jepara,Tayu,Juana, hingga sekitar Kudus dan Pati.Salah satu hasil dakwahnya lewat seni adalah lagu Sinom dan Kinanti.

9.Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati lahir di Mekkah pada tahun 1448M,Ia adalah cucu Raja Padjajaran yaitu Prabu Siliwangi,Sunan Gunung Jati mengembangkan ajaran Islam di Cirebon,Majalengka,Kuningan,Kawali dan Banten sebagai dasar pengembangan Islam,Sunan Gunung Jati wafat di Gunung Jati,Cirebon,Jawa Barat pada tahun 1568M.

0 komentar

Post a Comment