Saturday 8 October 2016

Konfigurasi High-Level Data Link Control(HDLC)


Haii.. balik lagi sama gua Supriyanto ,sekarang gua bakal mambuat turorial tentang High-Level Data Link Control(HDLC).

Apa sih HDLC itu ? 
DHLC adalah sebuah protokol yang dibuat oleh Cisco system.inc . HDLC ini juga adalah protokol bit-oriented protokol. Protokol yang hanya bisa digunakan oleh device yang dibuat merek cisco saja. Tapi pada kenyataannya, ini adalah sebuah protokol yang terbuka dan tersebar luaskan. Dan telah diimplementasikan atau digunakan oleh merek-merek networking lain yang berbeda-beda. Protokol yang digunakan pada saat mengenkapsulasi sebuah paket yang berjalan melalui sebuah serial link yang dalam encapsulation nya menggunakan teknologi WAN.
Sedangkan ARPA(Advanced ReSearch Project Agency) adalah Sebuah Protokol yang digunakan pada saat mengenkapsulasi sebuah paket yang berjalan melalui sebuah link Ethernet yang dalam Encapsulation nya menggunakan teknologi LAN.

Encapsulation adalah sebuah proses pembukusan paket data. Jadi, dalam proses pengiriman paket data, ada sebuah proses yang namanya enkapsulasi atau pembukusan paket data, enkapsulasi ini terjadi saat protocol yang lebih rendah menerima paket data dari protocol yang satu tingkat lebih tinggi diatasnya. Jika ada Pembukusan pasti ada pembuka bungkus yang disebut Decapsulation. Pada Encapsulation ini terjadi pada layer 2 dari 7 OSI Layer yaitu Layer Data Link.

A .TOPOLOGI
Sebelum kita mulai konfigurasi kita harus mempunyai topologi dulu yang akan kita konfigurasi, contoh konfigurasi seperti dibawah.

B. Konfigurasi
Pada Konfigurasi kita disini hanya menambahkan ip address dan mengganti hostname, bagi yang belum paham dalah konfigurasinya bisa klik konfigurasi ip address pada router .
1. Router Supri1


2. Router Supri2
3. Router Supri3

Untuk mengecek kalian bisa menggunakan perintah Show interfaces Serial2/0 (nama port). Bahwa HDLC adalah protokol default untuk enkapsulasi pada interface serial router cisco.
Nah pada gambar diatas yang sudah gua garis bawahi adalah bukti bahwa HDLC adalah protokol default untuk enkapsulasi pada interface serial router cisco. Penjelasannya dapat kalian lihat diatas pada awal post gua :).

Ok, Sekian Tutorial HDLC dari Gua Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba :D.
Tunggu post selanjutnya ya (y). 

0 komentar

Post a Comment