Monday 17 April 2017

Network Address Translation (NAT)

Network Address Translation (NAT) adalah salah satu fungsi dari Firewall yang bertugas untuk melakukan perubahan IP Address pengiriman dari sebuah paket data. NAT merubah paket data dari Client menjadi seolah olah yang mengirim menjadi sih Router dan Server pun hanya mengetahui yang mengirim adalah sih Router walaupun Client yang mengirim paket data tersebut.


Untuk mengkoneksikan Client ke Internet kita perlu menambahkan action "Masqurade" yaitu  digunakan untuk menyembunyikan atau menyamarkan IP Address dari Komputer User yang sedang request ke Server. Ketika paket melewati Router maka IP Address komputer User akan dirubah oleh masqurade sehingga komputer user akan mendapat akses internet tetapi menggunakan IP Address Router tersebut. Masqurade ini wajib dijalan pada Setiap Router Gateway karena tidak menutup kemungkinan network 13.13.13.0/24 digunakan oleh network lain.
Jadi Maqurade akan menyembunyikan IP Address Komputer User dan ketika Komputer User mengakses internet maka IP Address dia dikenali oleh Server adalah 192.168.1.10(IP Address Router). Nah perintah yang dapat digunakan untuk menambahkan Masqurade pada Router MikroTik adalah :
"chain=srcnat" maksudnya adalah memerintahkan "gantilah IP Address pengirim menjadi IP Address ether1(Router) jika ingin menuju Internet.
"out-interface=ether1" maksudnya Jika ada komputer user dari network 13.13.13.0/24 yang mengakses internet maka menyamarlah pada ether1(IP Address Router).

Yuhuuu akhirnya selesai juga hehe :D Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya (y).
Cukup sekian Tutorial dari gua, mohon maaf kalau banyak terjadi kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan , Akhir kata...
Wasalamualaikum Wr.Wb 

Sumber : https://rafi-tkj1.blogspot.co.id/2016/02/network-address-translation-nat.html

0 komentar

Post a Comment