Tuesday 13 June 2017

Konfigurasi Wireless menggunakan NanoBridge M5 (Ubiquiti)


Assalamualaikum , Balik lagi nih sama gua admin blog ini udah lumayan lama nih gua ngga nge  blog karena lagi PKL hehe. Kali ini gua bakal share sedikit ilmu gua yg telah gua dapet ya walaupun sedikit mudah"an bermanfaat ya :) . Sebelum kita masuk kedalam Tutorial gua bakal jelasin sedikit tentang Wireless.

Wireless adalah jaringan yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel.

TUTORIAL
1. Pertama kita Setting IP Address secara static pada PC , dan setting IP Address 1 network  dengan IP Address default Perangkat Wireless, karena disini gua menggunakan Pernagkat NanoBridge M5 dari ubiquiti maka IP Default perangkatnya adalah 192.168.1.20(Semua perangkat Ubiquiti).
2. Lalu Masukan Ip default perangkat ke kolom URL.Lalu  masukan User dan Passwordnya dengan ubnt.Lalu setting Country nya menjadi Compliance Test.Fungsi dari compliance test ini agar ketika melakukan scan frekuensi yang akan di dapatkan lebih banyak dari country lainnya..
3. Kemudian Setting Airmax Priority menjadi high,agar troughput yang didapat nya lebih bagus. Jangan lupa setiap merubah Konfigurasi dan akan berpindah Tab klik tombol change supaya konfigurasi tidak kembali ke default .
4. Lalu buka tab wireless,dan klik select pada SSID untuk scan AP yang tersedia.
5. Kemudian Pilih Access Point yang ingin di hubungkan dan Jangan lupa untuk menyalin frekuensi Access point yang kalian hubungkan.Seperti pada gambar yaitu 5215
6. Lalu berikan ceklis pada enable di Frequency Scan List nya,dan masukan frekuensi access point.Lalu pilih tipe autentikasi sesuai dengan tipe autentikasi Ap yang kita hubungkan dengan Radio wireless kita,dan masukan password yang dimilik oleh Access Point yang kita hubungkan. Wireless Mode Station artinya hanya penerima saja tidak bisa memberikan kepada yang lain.
7. Nah jika kalian ingin mengganti User dan Password bisa dilakukan pada tab System.
8. Masukan ip address perangkat radio secara static,ip ini gunanya untuk identitas IP Address dari perangkat tersebut dan juga supaya Perangkat bisa di Remote oleh Admin jika berada dalam 1 Jaringan.

9. Setelah mengganti IP Address maka ketika kita meremote otomatis kita menggunakan IP Address yang telah diberikan kepada perangkat. Jangan lupa ganti dulu IP Address pada Laptop menjadi 1 network supaya kita bisa mengaksesnya.
  10. Nah jika sudah seperti gambar dibawah maka perangkat kita sudah terkoneksi dengan Access Point yang kita pilih tadi.
11. Walaupun sudah terkoneksi tapi kita tidak akan mendapat akses Internet jika kita belum diberikan IP Publik oleh ISP. Nah dibawah contoh IP Publik dari ISP.
12. Setelah kita terhubung dengan Internet kita coba Tes Kecepatan Download dan Upload kita menggunakan speedtest dari berbagai ISP.
Yuhuuu akhirnya selesai juga Tutorialnya hehe :D Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya (y).
Cukup sekian Tutorial dari gua, mohon maaf kalau banyak terjadi kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan , Akhir kata...
Wasalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment