Friday 22 April 2016

Soal soal tentang Linux

1.Apa yg dimaskud dengan linux dan kenapa linux disebut sistem operasi open source?
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Open source (Sumber Terbuka) adalah istilah yang digunakan untuk software yang sumber kodenya bisa dilihat, disalin, atau dimodifikasi dengan Lisensi GNU, dan penyebaran kode sumber ini dilakukan melaui internet.Lalu alasan Linux disebut open source adalah bahwa kode sumber Kernel Linux bisa dilihat, disalin, atau dimodifikasi. Sedangkan dalam kasus lain, kernel Windows yang bukan open source tidak bisa dilihat, disalin, ataupun di modifikasi.
2.Sebutkan dan jelaskan Jenis File sistem yang terdapat pada linux !
Ext2(2rd Extented) adalah file system yang ampuh di linux. EXT2 juga merupakan salah satu file system yang paling ampuh dan menjadi dasar dari segala distribusi linux. Pada EXT2 file system, file data disimpan sebagai data blok. Data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara EXT2 file sistem, besar blok tersebut ditentukan pada saat file sistem dibuat dengan perintah mk2fs.
Ext 3 (3rd Extended) adalah peningkatan dari EXT2 file sistem. Peningkatan ini memiliki beberapa keuntungan. Misalkan sebuah kasus seperti berikut :Setelah kegagalan sumber daya (unclean shutdown) atau kerusakan sistem, EXT2 file sistem harus melalui proses pengecekan dengan program e2fsck. Proses ini dapat membuang waktu sehingga proses booting menjadi sangat lama, khususnya untuk disk besar yang mengandung banyak sekali data. Dalam proses ini, semua data tidak dapat diakses. Jurnal yang disediakan oleh EXT3 menyebabkan tidak perlu lagi dilakukan pengecekan data setelah kegagalan sistem. EXT3 hanya dicek bila ada kerusakan hardware seperti kerusakan hard disk, tetapi kejadian ini sangat jarang. Waktu yang diperlukan EXT3 file sistem setelah terjadi (unclean shutdown) tidak tergantung dari ukuran file sistem atau banyaknya file, tetapi tergantung dari besarnya jurnal yang digunakan untuk menjaga konsistensi. Besar jurnal default memerlukan waktu kira-kira sedetik untuk pulih, tergantung kecepatan hardware.
EXT4 Filesystem Ext4, generasi baru, pengembangan lebih lanjut dari filesystem Ext3. Filesystem Ext4 didesain untuk memberikan performance yang lebih baik dan peningkatan kemampuan. Filesystem Ext4 juga meningkatkan daya tampung maksimal filesystem ke 1 exabyte dan mengurangi wktu yang diperlukan untuk melakukan pengecekan hardisk (fsck yang mana pada Filesystem Ext3, setiap 20-30 kali mount). Berdasarkan test benchmark yang dilakukan oleh beberapa benchmarker, Filesystem Ext4 memiliki keunggulan performance yang significant dalam menulis dan membaca file berukuran besar.
ReiserFS Reiser file sistem memiliki jurnal yang cepat. Ciri-cirinya mirip EXT3 file sistem. Reiser file sistem dibuat berdasarkan balance tree yang cepat. Balance tree unggul dalam hal kinerja, dengan algoritma yang lebih rumit tentunya. Reiser file sistem lebih efisien dalam pemenfaatan ruang disk. Jika kita menulis file 100 bytes, hanya ditempatkan dalam satu blok. File sistem lain menempatkannya dalam 100 blok. Reiser file sistem tidak memiliki pengalokasian yang tetap untuk inode. Resier file sistem dapat menghemat disk sampai dengan 6 persen.
SWAP Swap merupakan partition yang boleh dibuat pada hard disk dan digunakan sebagai virtual memory. Dengan maksud, swap ini digunakan apabila (fizikal memory) yang ada pada komputer telah digunakan secara maksimun, maka swap akan digunakan untuk menampung memori tambahan. Swap tidak boleh digunakan untuk data.
3.Jelaskan perbedaan partisi logical,primary,extended !
Partisi Primary adalah  partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data. Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang pertama diakses komputer untuk booting. Jadi, intinya partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk booting sistem operasi tersebut. Bisa dibilang data dari sistem operasi tersebut disimpan disini.
Partisi Extended juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.
Partisi Logical merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data.Contohnya drive :D, :E, :F, dan seterusnya pada Windows. Jadi, partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.

4.Jelaskan yg dimaksud boot manager pada linux!
Boot manager adalah suatu program yang ada pada Master Boot Record(MBR), yang berfungsi untuk menjalankan sistem operasi yang berada di dalam harddisk. Didalam MBR sendiri terdapat hal-hal berikut ini.
- Kode booting sistem utama, yang melakukan proses booting kedalam sistem operasi oleh harddisk.Kode ini disebut juga master boot code.
- Tabel partisi yang berisi daftar partisi apa saja yang terdapat dalam hardisk yang bersangkutan.
5.Jelaskan yang dimaksud GRUB pada dual boot?
Grub adalah singkatan dari Grand Unified Boot Loader yang merupakan bootloader yang juga sering digunakan pada sistem operasi linux. GRUB memperbolehkan user untuk mempunyai sistem operasi yang berbeda didalam komputer mereka dan GRUB juga memperbolehkan user untuk memilih sistem operasi manakah yang akan djalankan. GRUB dapat berjalan di berbagai sistem operasi yang memiliki multiboot kernel. Biasanya sistem operasi UNIX/Linux yang banyak menggunakan bootloader ini.
6.Jelaskan yang dimaksud linux loader atau LILO!
Lilo adalah singkatan dari Linux Loader. Dikembangkan pertama kali oleh Werner Almesberger, selama dengan pengembang saat itu adalah john coffman. Lilo tidak tergantung pada file system tertentu dan dapat berjalan di semua basis UNIX/Linux, Lilo dapat melakukan booting melalui harddisk ataupun floppy disk, floppy juga dapat diletakan dimana saja dengan maksud dapat diletakan di MBR ataupun di salah satu partisi. kepopuleran LILO tidak kalah dengan GRUB walaupun saat ini LILO masih menjadi pilihan ke dua tergantung default sistem operasi yang membawanya.

0 komentar

Post a Comment