Thursday 28 July 2016

1.3 Konfigurasi Dynamic Routing OSPF

Haii..balik lagi sama gua Supri ditutorial kali ini gua bakal bahas tentang "Dynamic Routing OSPF".

Dynamic Routing OSPF merupakan routing protokol berjenis IGRP yang hanya dapat bekerja dalam jaringan internal suatu organisasi atau perusahaan. OSPF merupakan routing protokol yang menggunakan konsep hirarki routing yaitu OSPF membagi-bagi jaringan menjadi beberapa tingkatan, tingkatan-tingkatan tersebut diwujudkan dengan menggunakan sistem area.

Ok langsung saja kita ke konfigurasinya.
Tetapi buat dahulu topologinya ya :D

1. Buat Topologi 
Ini contoh topologi yang akan gua konfigurasi...


Ok ,setelah anda buat topologinya kita konfigurasi IP Address dan hostname nya

2. KONFIGURASI IP Address dan Hostname
ROUTER Maluku
ROUTER  Padang
ROUTER Ambon
ROUTER NTT

ROUTER Aceh
Setelah IP Address sudah dikonfigurasi semua kita lanjut konfigurasi OSPF dan Int Loopbacknya bagi yang belum tau int loopback itu apa bisa dilihat di pos an sebelumnya atau Dynamic Routing EIGRP.
3. KONFIGURASI IP Routing dan Interface Loopback
ROUTER Maluku
ROUTER Padang

ROUTER Ambon

ROUTER NTT

ROUTER Aceh
Sebenarnya konfigurasi ini sama saja dengan route EIGRP. 
Setelah semua dikonfigurasi kita lanjut ke verifikasi

4. VERIFIKASI
Pertama kita lakukan Tes Ping dari Router Maluku ke Router NTT dan Router Aceh.


"sh ip route" Router Padang
"sh ip route" Router Maluku
"sh ip ospf database" Router Maluku
"sh ip ospf neighbor" Router Maluku
Sekian tutorial tentang Dynamic Routing OSPF dari gua semoga bermanfaat dan selamat mencoba :D
Tunggu Tutorial selanjutnya ya dari gua Ok (y)

0 komentar

Post a Comment