Tuesday 10 January 2017

Membuat Qemu RouterOS Mikrotik untuk GNS3


Assalamualaikum,  Hy udah lama banget nih gua ga posting gara" ada kesibukan( Sok sibuk ) hehe :D. Kali ini gua bakal Posting tentang Tutorial membuat Qemu RouterOS Mikrotik untuk GNS3, Jadi kita membuat sebuah Router MikroTik di GNS3 supaya kita bisa membuat sebuah simulasi jaringan pada GNS3 menggunakan RouterOS MikrtoTik. Jika kalian Belum punya ISO MikroTik Kalian bisa mendownloadnya di www.mikrotik.com, nah kalian bisa mendownloadnya disana.
Ok langsung ke Tutorialnya saja.

TUTORIAL

Pertama kita Copy kan dahulu File ISO yang sudah kita download kedalam Folder GNS3. Dikarenakan kita akan membuat File Image menggunkan Software yang ada pada dalam Folder dan untuk mempermudah kita dalam membuat file Image menggunakan CMD.

Jika sudah dicopykan lalu kita akan membuat File Image dari File ISO tersebut karena File Image inilah yang akan kita gunakan untuk Qemu pada GNS3.
Kalian bisa membuatnya menggunnkan CMD, kalian harus menjalankan CMD tersebut dengan Run as Administrator. 

Jika sudah masuk CMD sebagai administrator, lalu kita masuk ke folder GNS3 menggunakan CMD dengan perintah :
C:\Windows\System32> cd C:\Program Files\GNS3                                                           C:\Program Files\GNS3> cd qemu-0.11.0
Kenapa gua masuk kefolder qemu-0.11.0? karena gua menyimpan file ISO MikroTik nya difolder itu. Jika kalian sudah masuk dalam Folder GNS3,sekarang kita buat File Image nya menggunakan software dari GNS3 yaitu qemu-img.exe, dengan menggunakan perintah :
 C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0> qemu-img.exe create -f qcow2 mikrotik.img 64M
Jika sudah, kita install kan file ISO yang tadi ke file Image dengan menggunakan software qemu.exe untuk menginstallnya, dengan menggunakan perintah :
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0> qemu.exe mikrotik.img -boot d -cdrom mikrotik-6.33.iso
Setelah itu kalian akan menginstall RouterOS Mikrotik difile Image tersebut menggunakan software qemu.exe , saat kita menginstall kita hanya perlu menekan huruf a,i,n/y,y pada keyboard.

Keterangan :
a = berfungsi untuk memilih semua paket yang akan diinstall pada MikroTik (jika kalian tidak ingin menginstall semua kalian bisa meggunakan "Spasi" untuk memilihnya satu persatu)
i = berfungsi untuk menginstall yang kalian sudah pilih tadi.
n/y = berfungsi untuk menentukan apakah kalian ingin membiarkan konfigurasi RouterOS secara default atau tidak.
y = berfungsi untuk menjalankan penginstallan sesuai dengan paket yang kalian pilih tadi.
Setelah itu proses Penginstallan pun berjalan pada proses ini kita membutuhkan waktu yang cukup lama jadi mohon bersabar ya :D.

Jika sudah selesai langsung kalian close saja. Jika sudah kita Install, sekarang kita masukan pada GNS3 untuk dijadikan Simulator Router MikroTik, dengan cara Buka GNS3 nya lalu pilih menu edit setelah itu pilih Preferences.
Setelah masuk kedalam Preferences kita pilih Qemu VMs lalu klik New, maka akan muncul jendela baru.

Pada tahap ini biarkan saja seperti defaultnya lalu klik Next.
Pada Tahap ini kita diminta untuk memberikan nama jadi isikan saja sesuai keinginan kalian, jika sudah klik Next.
Ditahap ini kita tentukan RAM yang akan digunakan oleh Router setelah selesai lalu klik Next.

Pada tahap ini kita diminta untuk memasukan File Image yang sudah kita buat tadi menggunakan CMD jadi klik Browse untuk mencari File Image tersebut, Jika sudah klik Finish.

Jika sudah selesai membuatnya kita bisa mengganti simbol dengan cara klik Edit.

 Lalu akan muncul jendela baru pilih Browse untuk memilih simbol yang akan kita gunakan.
Nah disini kita pilih simbol nya, karena kita akan membuat Router Mikrotik jadi kita pilih saja Simbolnya menjadi Router, lalu klik OK
Nah setelah kita mengganti simbol lalu kita ubah adapternya , cara merubah adapter klik Network lalu ubah,disini saya mengganti adapternya menjadi 5 adapter nah disini saya juga menganti nama formatnya supaya ketika kita mencolokan kabel pada router interfacenya dimulai dari ethernet1.
Jika sudah kita ganti maka klik OK.
Maka Simbol akan terganti secara otomatis seperti gambar dibawah, Jika sudah kita klik Ok.

Jika sudah. maka kita telah berhasil membuat Router dengan Qemu Mikrotik diGNS3, Nah kita coba menggunkan Router tersebut kita bisa mencobanya di All Device lalu Drag and Drop Router ketempat yang disediakan oleh GNS3 lalu klik Start.
Jika sudah di start lalu pada Router pilih Console.
Setelah mengKlik Console maka akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah, Maka kita telah berhasil membuat Router Qemu Mikrotik pada GNS3.
Nah setelah login selanjutnya kita bisa mengganti Hostname dan melihat Interfacenya. Dengan mengetikan Command dibawah.

Yuhuu akhirnya selesai juga Tutorialnya hehe :D Silahkan dicoba ya semoga berhasil dan semoga bermanfaat.
Ok cukup sekian Tutorial kali ini..
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar

Post a Comment