Tuesday 21 March 2017

Konfigurasi BackUp dan Restore pada MikroTik

 
Assalamualaikum , Selamat siang semua :) pada kesempatan pada siang hari ini ini gua bakal menshare sedikit ilmu yang gua dapet dari Guru gua , ya walaupun sedikit mudah"an bisa bermanfaat bagi yang membacanya :D, nah langsung saja Tutorialnya.

TUTORIAL

BACKUP:
1. Pertama kita login kedalam WinBox lalu setelah itu klik tab Files selanjutnya klik Backup.
2. Setelah itu masukan nama File BackUp nya jika kalian ingin memberi password maka tinggal  masukan saja pada kolom password, lalu klik BackUp.
3. Nah maka akan terbuat file backup nya seperti gambar dibawah.
4. Lalu pindahkan file backup ke pc/laptop kita dengan cara drag&drop.

Restore:
1. Setelah kita backup maka kita akan coba restore kembali file nya dengan cara drag&drop, jika sewaktu" router kita tereset.
2. Lalu setelah kita drag&drop file maka kita klik Restore untuk mengembalikannya.
3. Nah lalu pilih nama file backup lalu restore.

BACKUP DAN IMPORT JIKA MENGGUNAKAN PASSWORD :
1. Jika kalian ingin menggunakan password sebenarnya sama saja dengan yang tidak menggunakan password bedanya ketika kita ingin membuat file backup kita memasuka password seperti gambar dibawah.
2. Setelah itu akan muncul file backup yang telah kita buat tadi.
3. Lalu kita drag and drop untuk menghindari jika file hilang didalam router maka kita bisa mengambil di laptop/pc kita.
4. Setelah kita backup maka kita akan coba restore kembali file nya dengan cara drag&drop, jika sewaktu" router kita tereset dan konfigurasinya hilang.
5. Setelah filenya ada dalam router maka klik restore untuk mengembalikannya tetapi jangan lupa memasukan password karena ketika kita membackup tadi kita memberi password pada filenya.
6. Setelah mengklik restore maka router akan meminta untuk mereboot klik yes saja untuk menyetujuinya. Setelah router ter reboot ketika kita masuk kedalam winbox maka Konfigurasi yang hilang akan muncul kembali.

Yuhuuu akhirnya selesai juga Tutorialnya hehe :D Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya (y).
Cukup sekian Tutorial dari gua, mohon maaf kalau banyak terjadi kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan , Akhir kata...
Wasalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment