Thursday 22 September 2016

Tutorial Installasi dan Konfigurasi HTTPS pada Windows Server 2012


Haiii...balik lagi sama gua Supriyanto  ,kali ini gua bakal bahas tentang Tutorial Installasi dan Konfigurasi HTTPS pada Windows Server 2012.
HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) dari kepanjangan yang saya berikan sudah terlihat perbedaannya dari HTTP yaitu secure. Protocol ini sampai sama seperti HTTP tetapi HTTPS lebih Secure biasanya protocol ini menggunakan Port 443.
Ok, langsung saja ke konfigurasinya.

1. Add Roles and Features
Langkah pertama adalah Penambahan Roles and Fitur

2. Installation Type
Pilih Type "Role-based or feature-based Installation" jika sudah klik Next.

3. Server Selection
Pada langkah ini kita diminta untuk memilih server mana yang akan dikonfigurasi, disini pilih saja "Select a Server from the server pool" dan pastikan Ip Address sudah kalian berikan. Jika sudah klik next.

4. Server Roles
Karena disini kita tambahkan fitur yang ada pada Management Tools beri tanda centang semua.Jika sudah Klik Next.

5. Features
Pada tahap ini langsung klik Next saja.

6. Confirmation
Pada tahap ini kita diminta untuk melakukan konfirmasi penginstallan, pastikan semua fitur sudah dipilih dengan lengkap jangan sampai ada yang terlewat. Jika sudah yakin klik Install.

7. Results
Proses penginstallan akan berjalan secara otomatis ,tunggu saja proses penginstallannya sampai selesai. Jika sudah selesai klik Close.

Langkah Selanjutnya kita ke Konfigurasi HTTPS nya
1. Setting Host
Pertama kita tambahkan Host baru,dengan cara klik Tools => DNS.
Nah jika sudah di klik DNS maka akan muncul seperti gambar dibawah. Lalu buat Host barunya, jika kalian sudah mengkonfigurasi pada Konfigurasi IIS maka hostnya akan sudah tersedia seperti yang sudah saya kotaki merah yaitu "www". Jika kalian blom mengkonfigurasi bisa klik Disini caranya.
Jika sudah dibuat kita coba tes Ping apakah sudah bisa diakses atau belum. Jika sudah maka hasilnya akan Reply.
2. Server Certificates
Jika sudah tes Ping maka kita akan membuat Server Certificates , caranya Klik Tools => Internet Information Service Manager. Lalu pilih Server Certificates pada Server.

3. Jika sudah mengklik "Server certificates" ,selanjutnya klik "Create Self-Signed Certificates" untuk membuat Certificates.
Selanjutnya akan muncul seperti gambar dibawah,lalu isikan nama nya disini gua menggunakan Domain gua, Lalu untuk store certificates nya pilih "personal", maksud dari personal adalah certificates ini digunakan untuk perorangan, jika sudah klik OK.
Nah setelah klik ok maka akan muncul certificates yang sudah kalian bikin.
Setelah kita buat sertifikatnya kita buat website nya dengan cara klik Sites lalu klik kanan pilih Add Website.
Lalu akan muncul seperti gambar dibawah, Selanjutnya kita isi identitas website nya yang akan kita buat.
Site name = isikan dengan nama domain kalian lalu tambahkan host yang sudah kita buat tadi yaitu www.
Physical Path = isikan dengan folder yang berisikan tampilan untuk webitenya,tapi secara default pathnya ada pada C:\inetpub\wwwroot.
Type = pilih typenya https.
SSL Certificates = isikan dengan certificates yang tadi sudah kita buat tadi.
Lalu beri tanda centang pada "start Website Immeadiately".
Jika sudah maka akan muncul nama Website yang sudah kita buat tadi.

4. Selanjutnya kita buka Internet Explorer dengn cara klik "Browse *:443 (https)". Setelah Internet terbuka maka akan mucul seperti gambar dibawah pilih saja "Don't use recommended settings".
Selanjutnya coba akses https://localhost/  maka akan tampil seperti gambar dibawah pilih saja "continue to this website (not recommended)" untuk melanjutkan membuka websitenya.
Maka akan muncul widows baru lagi dan berikan centang pada "In the future, do not show his warning" dan klik "ok".
Setelah itu akan muncul websitenya tetapi addressnya masih https://localhost//.
5. Karena diatas kita belum menambahkan domain dan IP address nya maka secara default akan mengakses localhost, sekarang kita coba untuk mengakses dengan domain tetapi kita edit dulu Bindings nya, caranya klik kanan pada website yang sudah kita buat tadi lalu pilih edit Bindings.
 Lalu akan muncul window baru ,pilih add untuk menambahkan IP addres dan hostnamenya.
Selanjutnya akan muncul window baru ,pilih type nya "https" ,isikan Ip Address sesuai Ip yan ada di Server ,isikan Hostname sesuai domain dan host yang sudah kita buat tadi , dan SSL Certificates nya sesuai yang kita buat di server cerificates.Lalu klik Ok jika sudah selesai.
6. Selanjutnya kita buka Internet Explorer dengn cara klik "Browse www.supri.net on 20.20.20.1:443 (https)". Setelah Internet terbuka maka akan mucul seperti gambar dibawah pilih saja "Don't use recommended settings".
 Nah hasilnya seperti pada yang diatas tetapi pada Addressnya sudah menjadi https://www.supri.net.
Nah jika sudah berganti address maka Installasi dan Konfigurasinya selesai (yuhuuuu). Tunggu Post selanjutnya ya karena post berikutnya berkaitan yaitu cara membuat Domain baru dan mengakses https pada client.

Sekian tutorial  Installasi dan Konfiguasi HTTPS pada Windows Server 2012 , Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat :D
Tunggu Tutorial selanjutanya ya (y).

0 komentar

Post a Comment