Sunday 18 September 2016

Tutorial Konfigurasi FTP Server Login Basic pada Windows Server 2012


Haii...Balik lagi sama gua Supri, pada kali ini gua bakal menshare Tutorial Konfigurasi FTP Server Login Basic pada Windows Server 2012.
Pada tutorial kali ini masih berhubungan pada pos sebelelumnya,jika kalian ingin mencoba bisa klik Disini.
Ok, langsung saja kita ke konfigurasinya.

Pertama kita setting IP Address yang ada pada Server.

1. Mauk ke FTP Server
Setelah kita mensetting IP Address pada server kita masuk ke FTP Server pada IIS , caranya : Klik Tools => lalu pilih IIS Manager.
 Jika sudah diklik maka tampilan akan seperti gambar dibawah.

2. Buat Folder
Sebelum kita membuat FTP Site, terlebih dahulu kita membuat folder untuk FTP Site.

3. Buat User Baru
Sebelum kita membuat FTP Site kita buat User untuk loginnya terleih dahulu. Caranya akan gua jelaskan.

a) Pertama masuk ke Active Directory Users and Computers.
b) Maka akan muncul seperti gambar dibawah , pertama klik Nama Domain kalian lalu klik kanan pada Users lalu pilih New kemudia pilih lagi User. 
 c) Disini isi first name,last name dan User logon name sesuai keinginan kalian, jika sudah klik Next.
 d) Selanjutnya kita diminta untuk membuat Password , Password harus menggunakan Huruf besar,kecil,symbol, dan angka. Kemudian pilih Password never expires supaya Password bisa digunakan kapan pun dan tidak akan kadaluarsa.
 e) Nah disini akan muncul pemberitahuan ,jika sudah benar semua klik Finish.
 Nah disini akan muncul user yang sudah kita buat.

4. Buat FTP Site
Setelah kita membuat folder untuk FTP Site dan Usernya,selanjutnya kita buat FTP Site nya. Caranya Klik WIN-825LNS3ANCR => Klik kanan pada Sites lalu pilih Add FTP Site.

Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah lalu isi FTP site name lalu masukan folder yang sudah kita buat tadi.Lalu klik Next.
Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah , masukan IP Address seperti IP Address Server kalian, lalu pilih No SSL. SSL adalaht Secure Socke Layer  yang merupakan suatu protocol layer transport yang digunakan dalam koneksi internet secara aman. Jika sudah klik Next.
Pada tahap Authentication and Authorization Information. Pada bagian Authentication kita pilih Basic dan pada Authorization kita pilih Specified users , yang terakhir pada bagian Permissions kita beri tanda centang pada write and read yaitu user bisa melihat dan mengedit atau menaruh dan menghapus file. Jadi sih user mendapat hak akses penuh pada FTP Server yang kita buat. Lalu klik Finish jika sudah selesai.
Jika sudah selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah.
5. Verifikasi pada client
Setelah konfigurasi di server sudah selesai maka kita lanjut verifikasi. Disini gua menguji dengan Windows 10. Dalam pengujian saya menggunakan CMD , Filezilla , File Explorer , Internet Explorer.

Sebelum kita lanjut ke verifikasi maka sebelumnya kita lakukan tes Ping.

Setelah berhasil kita lanjutkan pengecekan pada File Explorer, caranya ftp://20.20.20.1(IP Address) lalu klik Enter, lalu akan diminta password untuk login yang sudah kita buat tadi, setelah diisi maka klik log on.
Nah pada gmbar dibawah terdapat beberapa file yang sudah gua buat ketika membuat Folder FTP.
Selanjutnya kita mengakses Ftp menggunakan CMD caranya masukan perintah "ftp ftp.supri.net" lalu jika diminta username maka masukan "suprixzz"(user yang sudah kita buat tadi) dan passwordnya isi seperti yang kita buat tadi.Setelah masuk ke FTP, lalu kita coba membuat file perintahnnya mkdir_namafile setelah membuat file kita cek sudah bertambah atau belum file yang kita buat tadi dengan mengetikan perintah dir dan hasilnya yang sudah saya kotaki warna merah (yang paling bawah).
Selanjutnya kita mengecek pada Filezilla ,caranya masukan IP Address sebagai Hostnya dan suprixzz sebagai username/nama pengguna , passwordnya isi seperti yang sudah kita buat, lalu port isi memakai port 21 lalu klik QuickConnect/Koneksicepat. Nah pada pojok kanan yang sudah saya kotaki warna merah adalah folder ftp nya.
Selanjutnya kita lakukan pengecekan pada Internet Explorer, caranya sama seperti File Explorer yaitu kalian hanya mengetikan ftp://20.20.20.1 lalu akan diminta memasukan username dan password yang sudah kita buat tadi lalu klik log on.

 akan muncul beberapa folder seperti yang ada pada File Explorer.
Nah setelah berhasil maka konfigurasi  FTP Server Login Basic pada Windows Server 2012 sudah berhasil.

Sekian Tutorial Konfigurasi FTP Server Login Basic pada Windows Server 2012 ,Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat :D.
Tunggu tutorial selanjutnya ya (y).

0 komentar

Post a Comment