Monday 8 August 2016

Merubah Server dari GUI ke Core Pada Windows Server 2012


Haii..Balik lagi sama gua Supriyanto sekarang gua bakal bahas cara Merubah Server GUI menjadi Core.
Ok,sekarang lanjut saja ke konfigurasinya atau cara merubahnya.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah login ke windows server kalian.

Setelah kalian berhasil login langkah selanjutnya adalah buka "server manager" lalu klik "manage" disitu ada sub menu lalu pilih/klik "Remove Roles and Features". Remove Roles and Features adalah fitur yang memungkinkan untuk menghapus konfigurasi dan fitur yang ada pada windows server.

Langkah selanjutnya adalah tahap peringatan sebelum memulai penghapusan roles ,role services dan feature. Isi peringatannya adalah; (pada kotak warna merah)
  • Kita diminta untuk memustuskan apakah kita ingin menyimpan atau menghapus data pada server.
  • Disini server memperingatkan, kalian mungkin ingin migrasi/memindahkan role nya keserver lainbya.
  • Fitur yang akan kita hapus harus diberi jadwal maintenance/down time.
  • Kita diminta untuk memberitahu ke user lain bahwa service akan diberhentikan sementara.
Nah, jika kalian sudah benar dan yakin akan melanjutkan ke tahap selanjutnya maka klik "Next".

Langkah selanjutnya  yaitu server selection. Server Selection maksudanya ialah untuk memilih server mana yang ingin kita remove atau hapus. Daftar server ada dibagian Server pool yang saya beri kotak warna merah . Setelah memilih servernya lalu klik "Next".

Pada tahap ini langsung klik next saja, karena kita akan menghapus fitur bukan pengaturan. Jadi dihapusnya pada tahap selanutnya yaitu pada bagian Features.

Pada tahap features ini kita harus teliti dalam memilih,karena pada tahap inilah fitur tampilan GUI akan dihapus. Cari "user Interfaces and Infrastructure" lalu uncheck. 
Setelah mengklik user Interfaces and Infrastructure maka akan muncul seperti gambar dibawah. Maksudnya adalah untuk meyakinkan kita untuk menghapus fitur atau tidak. Klik Remove Features jika kalian sudah benar-benar yakin.

Pastikan kembali user Interfaces and Infrastructure telah ter uncheck box atau belum. Jika sudah maka klik next untuk melanjutkan ke Confirmation.

Selanjutnya adalah tahap konfirmasi,jika kalian ingin windows server merestart secara otomatis setelah melakukan penghapusan fitur, maka kalian bisa men check box "Restart the Destination server automatically if required. Setalah itu akan mucul pop up untuk konfirmasi apakah kalian yakin ingin merestart otomatis windows server atau tidak. Jika sudah yakin pilih yes. Lalu klik remove untuk menghapus fitur.

Pada tahap ini kita tunggu saja  proses penghapusannya sampai selesai.

Jika proses penghapusan telah selesai maka secara otomatis windows server akan merestart.

Nah Setelah Restart Selesai maka akan keluar tampilan seperti dibawah lalu masukan password yang sudah dibuat ketika menginstall Windows Server 2012.


Ini adalah Tampilan Server CORE.

Ok, Proses merubah server GUI ke Core telah selesai, selamat mencoba ya dan Semoga bermanfaat :D
Tunggu tutorial selanjutnya ya (y)

0 komentar

Post a Comment