Wednesday 24 August 2016

Tutorial Menginstall Active Direcroty Dan DNS di Windows Server 2012 R2


Haii...balik lagi sama Gua Supriyanto Sekarang Gua bakal bahas tentang Tutorial Menginstall Active Direcroty Dan DNS di Windows Server 2012 R2.

Active directory adalah suatu layanan direktori yang dimiliki oleh operasi jaringan microsoft windows 2000,Windows XP, Windows Vista, dan Windows server 2008/2012.
Active directory ini terdiri atas database dan layanan direktori. Database yang dimiliki active directory ini menyimpan segaya sumber daya yang terdapat dalam jaringan dan dalam satu domain. Active directory bisa diartikan sebagai direktory service yang menyimpan konfigurasi dalam suatu jaringan.

DNS adalah kepanjangan dari DOMAIN NAME SYSTEM Dan ini merupakan komponen utama pada windows server, karena tanpa adanya DNS kita tidak bisa membuat Domain.
Dan DNS merupakan Sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain, dalam bentuk basis data tersebar didalam jaringan komputer.

Ok, sekarang lanjut saja kekonfigurasinya.


1. Setting Networknya menjadi Bridged Adapter

2.  Hal Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka windows server manager, jika sudah maka klik manage , akan muncul menu dropdown , lalu pilih Add Roles and Features, di menu inilah kita bisa menambahkan fitur dan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan.

3. Langkah selanjutnya Before you begin maksud pada bagian ini adalah peringatan Sebelum memulai menambahkan feature di windows server.
Isi peringatannya adalah :
* Akun administrator memiliki password yang kuat yaitu  kombinasi password menggunakan huruf kapital,symbol,angka,dan huruf kecil
* Network setting, konfigurasi IP Address static.
* Sistem Keamanan Terbaru diwindows harus sudah dinstall
Jika semua sudah benar, maka centang skip this page by default dan klik Next

4. Pilih tipe penginstalan yang Role-Based or feature-based instalation maksudnya kita hanya mengkonfigurasi dengan menambah roles,role service,dan feature ,lalu klik next.

5. Langkah selanjutnya, kita diminta untuk memilih server mana yang akan dikonfigurasi , disini kita akan memilih select a server from the server pool , maksudnya kita memilih server dari daftar yang ada pada komputer server ,jika sudah klik next.

6. Pada tahap ini kita akan disuruh untuk memilih fitur mana yang akan diinstal , karena berhubung yang akan kita install adalah AD (Active Directrory) dan DNS Server , maka kita pilih keduanya lalu klik Next.

Klik Add Features  untuk menambahkan tools yang dibutuhkan oleh active directory.

Klik Add Features untuk menambahkan tools yg diperlukan untuk membuat DNS Server.

Jika semua sudah terceklis maka tekan Next utuk melanjutkan konfigurasi.

7. Selanjutnya adalah menambahkan Feature, ikuti saja seperti gambar diatas, lalu klik "Next" untuk menuju langkah selanjutnya.

8. Pada tahap ini ini hanya berisikan sebuah catatan untuk penginstalan , maka langsung klik next.

9. Pada tahap ini sama seperti sebelumnya hanya berisikan sebuah catatan maka,klik next saja.

10. Selanjutnya pada tahap ini kita diminta untuk melakukan konfirmasi.Jika semua sudah benar dan lengkap maka langsung klik install.

11. Ketika diklik install maka secara otomatis proses installasi akan berjalan seperti yang gua beri kotak warna merah. Ketika proses installasi sudah selesai langsung klik close saja.

12. Nah yang saya beri tanda kotak warna merah berartii proses installasi AD DS dan DNS telah berhasil.

Sekian Tutorial menginstall Active Directory dan DNS di Windows server 2012 R2, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya :D
Tunggu tutorial Selajutnya ya (y)

0 komentar

Post a Comment