Thursday 25 August 2016

Tutorial Join Domain Windows 10


Haii...Balik lagi sama gua Supriyanto pada kesempatan kali ini gua mau membahas tentang Tutorial Join Domain Windows 10.

1.  Sebelum lanjut ke tahap join domain pertama kita Setting dulu IP addressnya, karena gua melanjutkan post yang sebelumnya. Jadi, untuk DNS itu disini menggunakan IP server Windows server 2012

2. IP "20.20.20.2" itu ip yang didaftarkan di servernya jadi, sebelum melakukan konfigurasi, pastikan ip nya sudah kita daftarkan di Server. Seperti gambar dibawah yang sudah saya beri tanda kotak berwarna merah.

3.  Setelah tadi melakukan konfigurasi IP, sekarang buka windows 10 nya lalu cari file explorer dan klik kanan pada "This PC" dan klik "properties".

4. Dan setelah di klik, "properties" maka akan keluar info tentang PC kalian dan disitu klik changes settings yang sudah gua tandai kotak warna merah.

5. Setelah itu klik change untuk mengubah nama computer ataupun domain.

6. Atur nama komputer sama seperti apa yang telah dikonfigurasi sebelumnya pada server , lalu pilih option WORKGROUP lalu klik OK.

Dan setelah mengklik OK maka akan keluar peringatan komputer harus direstart maka klik OK saja.

klik restart now untuk merestart system yang kita miliki

Setelah selesai merestart dan join workgroup maka langkah selanjutnya adalah join ke domain , langkahnya hampir sama seperti diatas , hanya ada sedikit perubahan pada pemilihan options ,jika tadi kita memilih workgroup maka sekarang kita memilih domain.

7. Masukkan nama komputer sama seperti apa yang telah dikonfigurasi sebelumnya pada server , lalu pilih option Domain masukkan nama domain sama seperti apa yang sudah dikonfigurasi pada server ,jika sudah selesai mengisi lalu klik ok jika.

8. Kalian akan dimintah user dan passwordnya ,masukkan usename dan password windows server. Jika sudah lalu klik "ok".

9. Jika tampilan seperti gambar dibawah berarti kita sudah berhasil join ke domai yang sudah kita buat di Windows Server. Klik OK untuk melanjutkan. 
setelah itu komputer akan meminta untuk merestart kembali komputer kalian. 

Setelah kalian login , kalian coba lakukan tes ping dari client ke server dan nama domain kalian, jika reply maka kalian sudah berhasil.



Sebelum Join Domain maka tampilan seperti dibawah yang saya beri kotak warna merah.


Sesudah Join Domain maka tampilan seperti dibawah yang saya beri kotak warna merah.

Sekian tutorial Join Domain Windows 10, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :D
Tunggu tutorial selanjutnya ya (y)

0 komentar

Post a Comment