Sunday 7 August 2016

Fungsi perintah sconfig Windows Server 2012


Haii..balik lagi sama gua Supriyanto sekarang gua bakal bahas tentang Fungsi masing-masing Sconfig(Server Configuration) pada Windows Server 2012.
Diperintah Sconfig ada 15 perintah konfigurasi. Dan sekarang gua bakal jelasin fungsi masing-masing Sconfig pada Windows Server 2012 secara satu persatu.

1. Domain/Workgroup


 Fungsi dari Domain/workgroup adalah ketika kita ingin masuk ke domain/workgroup yang sudah terdaftar, untuk masuk kita hanya mengetik nama domain atau workgroup saja.Pada contoh ini gua akan mencoba mendaftarkan server ini kedomain "supri.net".Pertama pilih pengaturan nomer 1,lalu aka ada pilihan "D" atau 'W" pilih saja D maksudnya adalah kita akan bergabung ke domain.Lalu Isi domainnya contoh "supri.net". Setelah itu masukan nama user anda contoh "domain/anto". Dan jika sudah di enter maka kalian akan diminta memasukan password untuk join ke domainnya.


Maka hasilnya seperti gambar diatas kenapa error? karena domain yang kita masukan tadi blom didaftarkan.Jadi untuk Domain/Workgroup blom bisa karena domain atau workgroupnya blom dibuat. 

2. Computer Name 

Fungsi dari Computer Name adalah untuk mengganti nama komputer. Jadi jika kalian ingin mengganti nama komputer anda bisa dilakukan pada perintah Computer Name.Pertama pilih pengaturan mana yang akan diubah (2),lalu masukan nama komputer yang baru (supriserver) setelah itu akan minta direstart pilih 'ok' saja.Dan jika suda direstart maka hasilnya akan seperti gambar yang ada dibawah. Cara mengetahui sudah berubah atau belum yaitu ketikan perintah "whoami".


3. Add local Administrator
Fungsi dari Add local Administrator adalah menambahkan admin local yang bisa mengakses server atau menambahkan/membuat user baru.caranya masukan opsi pilihan nomer 3 lalu ketikan namanya,setelah itu masukan password,password harus dikombinasikan dengan huru besar dan kecil,simbol dan angka. 

4. Configure Remote Management
Fungsi Configure Remote Management adalah untuk mengkonfigurasi mematikan atau menghidupkan remote management.Masuk ke opsi nomer 4 lalu enter dan akan muncul menu lalu pilih nomer 1 karena kita akan mengaktifkan Remote Managementnya.

5. Windows Update setting
Fungsi dari Windows update setting adalah untuk mengatur windows melakukan update otomatis atau manual.

Masuk ke opsi nomer 5 lalu enter dan pilih M/manual, jika muncul pop up seperti gambar diatas klik Ok saja.

6. Download and Install Updates
Jika pada perintah Sconfig anda memilih angka 6 maka secara otomatis akan muncul gambar seperti diatas. Fungsi dari Download and Install Update adalah mempermudah jika kita ingin mendownload update dari pihak microsoft. Disini anda akan diberi 2 pilihan yaitu download yang direkomendasikan saja atau download semua update ini bisa dipilih sesuai keinginan kalian.

7. Remote Desktop
Fungsi dari Remote Desktop adalah untuk memberi izin agar desktop bisa diremote atau tidak.

8. Network Settings
Fungi network setting adalah untuk menkonfigurasi ip address, set DNS dan Clear DNS. Untuk mengaturnya pertama masuk ke menu nomer 8 lalu akan ada pilihan index dan descriptionnya, disini kalian harus memilih nomer indexnya ,nomer indexnya "10" lalu enter dan akan ada keterangan adapter. Lalu ada 4 pilihan karena kita akan mengkonfigurasi ip address maka pilih nomer 1.




disini gua akan mensetting ip nya menjadi ip static , yang artinya kita mensetting ip secara manual , jika kalian ingin mengatur ip otomatis maka pilih D , yaitu IP DHCP untuk mendapatkan ip secara langsung dari Windows, jadi pilih S jika ingin mensetting secara static.

Dan terlihat sudah terganti IP nya yang ada dikotak warna merah. Setelah itu kita setting DNS Servernya pilih nomer 2. Setelah itu atur "new preferred DNS Server", jika sudah diatur lalu tekan enter maka akan mucul pop up seperti gambar diatas klik "ok" artinya preffered DNS berhasil disetting.
masukkan alternative DNS servernya , fungsinya jika DNS server utama (preffered DNS server) itu ada masalah, bisa dialihkan ke alternatifnya , disini gua menggunakan alamat DNS GOOGLE yaitu 8.8.8.8, jika sudah diatur maka tekan enter dan cek sudah berubah atau belum yang ada pada kotak warna merah pada gambar diatas.
9. Date and Time
Fungsi dari Date and time adalah untuk mengatur waktu dan time zone yang sesuai dengan keberadaan kita.

10. Help improve the product with CEIP
Fungsi Help improve the product with CEIP adalah untuk kita agar bergabung dalam customer experience improvement program.

11. Windows activation 
Fungsi Windows Activation adalah untuk mempermudah dalam mengelola yang berhubungan tentang license. Kalian bisa memilih melihat info license, activate windows dan bisa juga install product key.

12. Log off User
Fungsi Log off user adalah untuk keluar dari user yang sedang berjalan.

13. Restart Server
Fungsi dari Restart Server adalah untuk memulai ulang server.

14. Shutdown Server
Fungsi Shutdown server adalah untuk mematikan server.

15. Exit to Command line
Fungsi exit to command line adalah untuk keluar dari sconfig ke command line atau CMD.

Ok, sekian pembahasan tentang fungsi masing-masing Sconfig pada Windows Server 2012 dari gua semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya (y).
Tunggu postingan yang lain ya dari gua :D

0 komentar

Post a Comment